Buka Puasa & Santunan Anak Yatim PT. Pertamina Patra Niaga, Pengawas PAI: Energi Untuk Istiqomah

Keterangan Gambar : Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Iskandar Ahmad, M.Pd menghadiri buka puasa bersama dan santunan anak yatim yang digelar oleh PT. Pertamina Patra Niaga S&D Regional Papua Maluku-Fuel Terminal Namlea. Kecamatan Namlea Rabu, (03/04/2024)


Buru, (Inmas)-Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Iskandar Ahmad, M.Pd menghadiri buka puasa bersama dan santunan anak yatim yang digelar oleh PT. Pertamina Patra Niaga S&D Regional Papua Maluku-Fuel Terminal Namlea. Kecamatan Namlea Rabu, (03/04/2024)

Kegiatan ini mengusung tema "Ramadan berbagi kebaikan dan menuai keberkahan." Kehadiran Iskandar sekaligus diminta untuk memberikan tausiyah. Tausiyah yang diberikan dengan judul "Energi Untuk Istiqomah." 

"Allah Swt menciptakan seluruh alam semesta termasuk bumi lengkap dengan infrastrukturnya, ada matahari memberi cahaya panas, air menumbuhkan tumbuhan dan tanaman serta udara, masing-masing memiliki fungi untuk kelangsungan makhluk hidup di alam semesta." Kata Iskandar awali tausiyahnya

Lanjutnya, dikutip dari laman National Museum of Natural History, bahan bakar fosil adalah campuran senyawa yang terbuat dari fosil sisa-sisa tumbuhan dan hewan dari jutaan tahun yang lalu. Dimana pembentukan bahan bakar fosil ditentukan oleh jenis fosil, jumlah panas, dan besarnya tekanan. 

"Semua itu adalah karunia Allah Swt, Olehnya itu sebagai hamba yang bersyukur atas nikmat tersebut, sapetutnya sumber energi yang kita dapatkan ini harus digunakan dalam pengabdian kita kepada sang pencipta Allah SWT." Ujar Iskandar 

Pengabdian tidak cukup dengan ungkapan tetapi harus dilakukan dengan perbuatan, dan tentunya selama energi itu berada pada manusia maka selama itu pula pengabdian itu dijalani atau dalam agama disebut Istiqomah.

Istiqomah merupakan perkara yang sangat penting dalam Agama, Nabi pernah memberikan nasehat kepada sahabatnya atas permintaan sahabat itu sendiri.

"Nasehatila aku wahai Rasulullah, jika aku meminta nasehat kepada mu wahai Rasul, saya tidak perlu lagi meminta naehat lagi kepada orang lain. Nabi kemudian menjawab "Katakanlah engkau beriman kepada Allah SWT kemudian Beristiqomalah" Jelas Iskandar

Memungkasi tausiyahnya, Iskandar mengajak untuk sama-sama bisa tetap istiqomah menjaga dan menggunakan energi sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari agar energi tidak terbuang percuma karena pemborosan energi.

Kegiatan ini ditutup dengan santunan anak Yatim yang diserahkan oleh pihak PT. Pertamina Patra Niaga S&D Regional Papua Maluku-Fuel Terminal Namlea dan buka puasa bersama. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.