Ka.KanKemenag Buru Hadiri Wisuda Tahfidz Quran Angkatan V Tahun 2024 SD IT Bina Umat Buru

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag menghadiri Wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan V Tahun 2024 SD IT Bina Umat di Aula Kantor Bupati Buru. Kecamatan Namlea Kamis, (09/05/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag menghadiri Wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan V Tahun 2024 SD IT Bina Umat di Aula Kantor Bupati Buru. Kecamatan Namlea Kamis, (09/05/2024)

Hadir dalam kegiatan ini, Ka.KanKemenag Buru didampingi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Namlea Andi Muhammad Ali, S.Ag.

Menurut Umi Fakaubun, S.Sos.I Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswan sekaligus Guru Kelas bagi siswa-siswi kelas 6 SD IT Bina Umat menyampaikan terdapat 55 siswa-siswinya yang diwisudakan hari ini.

"Pada wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan V Tahun 2024 terdapat 55 siswa-siswi kami yang diwisudakan mereka semua adalah siswa-siswi kelas 6 yang sekaligus akan lulus tahun ini." Katanya saat dikonfirmasi Humas Kemenag Buru

 Beliau juga menjelaskan, dari 55 wisuda Tahfidz Qur'an dibagi dalam beberapa kategori yaitu 40 orang Tahfidz Juz 30, 10 orang Tahfidz Juz 30 dan 29, 1 orang Tahfidz Juz 30, 29, dan 30, serta 4 orang Tahfidz Juz 30, 29, 28, dan 1.

"Jadi siswa-siswi kami mulai menghafal dari kelas 1 awal masuk hingga kelas 6, diawali dengan juz 30 apa bila telah selesai dilanjutkan juz 29 dan 28 jika sudah maka akan dilanjutkan dengan juz 1." Ujarnya kembali kepada Humas

SD IT Bina Umat mewajibkan minimal juz 30 sehingga setiap anak diwajibkan Juz 30. Jika para siswa-siswinya sudah selesai maka akan terus dilanjut hingga kelas 6 barulah diwisudakan berdasarkan berapa banyak hafalan selama sekolah di SD IT Bina Umat.

Beliau juga menjelaskan, pelaksanaan wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan V tahun 2024 akan tetapi untuk lulusan alumni padanangktan V merupakan lulusan ke VII hanya dua tahun di awal belum dilakukanya wisuda Tahfidz Qur'an.

Dalam wawancara, Gani Wael sangat mengapresiasi kegiatan ini menurutnya setiap sekolah harus mampu melahirkan generasi Qurani dengan menjadikan siswa-siswinya sebagai tahfidz Qur'an.

Lanjutnya, Tahfidz Qur'an tidak harus 30 juz akan tetapi melatih dan menumbuhkan jiwa Qur'ani siswa-siswi di sekolah dengan memulainya dengan juz 30 dan dilanjutkan beberapa juz saja sangatlah luar biasa.

Menurutnya para siswa-siswi yang telah menghafal Al-Quran memiliki kepribadian yang lebih baik dan mereka lebih mudah diatur serta terhindar dari pergaulan yang kurang baik.

Beliau juga mengapresiasi pihak sekolah dan para guru karena terus melakukan kontribusi dan dukungan sehingga para siswa-siswi mampu menjadi penghafal Al-Qur'an.

Memungkasi penyampaiannya, Gani Wael berharap agar program semacam ini harus terus dijaga dan dikembangkan sehingga tidak hanya dilakukan secara terus menerus tetapi terus meningkat jumlah dan kualitas para Tahfidz Qur'an yang ada di sekolah. 

Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Bupati Buru yang diwakili Staf Ahli bidang SDM Drs. Mansur Mamulaty, M.M., Forkopimda Kabupaten Buru, Ketua DPRD Kabupaten Buru, Kapolres Buru yang diwakili Wakapolres Buru, Kepala SDIT Bina Umat Buru, Ketua Yayasan Bina Umat, Para Anggota DPRD Kabupaten, Provinsi, dan Nasional, serta tamu undangan. (Muzni)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.