Kegiatan Penyusunan Soal Asesmen PAI Tingkat MI, Ka.KanKemenag: Apa Yang Diberikan Itu Yang Diuji

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag membuka kegiatan Penyusunan Soal Asesmen Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2023/2024. MIS Persiapan Negeri Namlea Sabtu, (16/03/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag membuka kegiatan Penyusunan Soal Asesmen Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2023/2024. MIS Persiapan Negeri Namlea Sabtu, (16/03/2024)

Penyusunan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Madrasah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) dan Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kabupaten Buru.

Penyusunan Soal Asesmen Sumatif mengusung tema "Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia". Menurut Ketua K3MI Kabupaten Buru Drs. Zainudin Soamole tema ini digunakan sesuai dengan tagline baru madrasah.

Lanjutnya, sesuai yang disampaikan oleh Direktur pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muchammad Sidik Sisdiyanto, S.Ag bahwa tagline baru madrasah semoga bisa membawa semangat baru pada kemajuan madrasah.

"Semangat baru bagi Kemajuan madrasah itu untuk bisa meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan madrasah yang bisa menghasilkan siswa berprestasi baik di dalam negeri dan sampai ke kancah global." Kata Zainudin dalam sambutannya 

Gani Wael meminta para K3MI dan KKGMI untuk mempertimbangkan berbagai aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatan soal Asesmen sumatif akhir tahun MI tahun 2024.

"Saya harap dalam pembuatan soal asesmen ini perlu diperhatikan itu soal yang dibuat harus dari materi yang diberikan, jangan sampai soal yang dibuat membuat siswa-siswi kita bingung karena beda sama apa yang mereka dapatkan di madrasah." Kata Gani Wael dalam sambutannya

Lanjutnya, Gani Wael juga meminta untuk memperhatikan tentang kualitas soal yang harus bisa mengarahkan siswa pada tema yang diangkat yaitu madrasah maju, bermutu, dan mendunia.

"Sekarang ini madrasah harus mampu bersaing lebih baik tidak hanya dalam negeri tetapi ke kanca global, madrasah harus mampu sampai bersaing dengan dunia internasional." Ujar Gani Wael

Kemenag Buru terus berupaya agar kemajuan madrasah terus ditingkatkan terutama tentang kualitas dan mutu madrasah. Tentunya dengan melakukan berbagai program-program madrasah yang lebih baik lagi.

Memungkasi penyampaiannya, Gani Wael memberikan semangat kepada para K3MI dan KKGMI yang akan membuat soal dan berharap agar soal yang dibuat selesai sesuai jadwal yang ditentukan dan bisa menghasilkan soal-soal terbaik dalam mengasesmen para siswa-siswi madrasah di tahun 2024. 

Hadir mendampingi Ka.KanKemenag Buru Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Mohammad Ikbal Naya, S.Sos., M.Si., dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Iskandar Ahmad, M.Pd. Serta pemateri pembuatan soal asesmen madrasag Jayus, S.Pd., M.MPd. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.