Kemenag Buru: Virtual Zoom Rapat Koordinasi Evaluasi Serapan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2023

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Abdul Gani Wael, S.Ag mengikuti rapat virtual zoom koordinasi, sinkronisasi, dan kolaborasi bersama terkait Evaluasi Serapan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2023 dalam menyusun langkah-langkah strategis agar berjalan optimal. Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Selasa, (25/07/2023)


Buru, (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Abdul Gani Wael, S.Ag mengikuti rapat virtual zoom koordinasi, sinkronisasi, dan kolaborasi bersama terkait Evaluasi Serapan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2023 dalam menyusun langkah-langkah strategis agar berjalan optimal. Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Selasa, (25/07/2023)

Rapat penting ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama RI H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP, M.Si, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Nizar, M.Ag, Para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama RI yang bertempat di Kantor Kementerian Agama RI Jakarta Pusat.

Rapat dibuka oleh pemaparan laporan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Nizar, M.Ag terkait Progres APBN Semester I Tahun 2023 bahwa Serapan Anggaran 10 Kementerian/ Lembaga dengan Pagu Terbesar urutan pertama ditempati Polri dan kedua Kementerian Agama. Sedangkan untuk Lingkup Wilayah Provinsi per 24 Juli 2023 Pada posisi pertama ditempati Sulawesi Selatan dan Untuk Maluku berada pada urutan tujuh.

Kemudian dilanjutkan oleh pemaparan laporan dari perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. Pemaparan laporan disampaikan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Wakil Menteri Agama RI H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP, M.Si mengajak agar anggaran harus bisa dipertanggung jawabkan dan harus sama-sama mempertahan WTP yang sudah diperoleh di tahun ini.

"Anggaran yang akuntabel yang harus terus ditingkatkan agar WTP Wajar Tanpa Pengecualian Tahun 2023 biza terus dipertahankan." Ujar Wamen 

Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan, bahwa sekarang harus memikirkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan realisasi anggaran 70 persen yang difokuskan pada program prioritas Kementerian Agama pada akhir bulan Juli. Serta jangan fokus pada rangking tetapi seberapa besar anggaran dikelola untuk kepentingan masyarakat.

"Harus ada strategi untuk menyelesaikan ralisasi anggaran 70 persen pada bulan Juli nanti kalau bisa difokuskan untuk pelaksanaan program-program Prioritas. Untuk hasil memperoleh pada urutan ke 2 perlu diingat bahwa target kita bukan rangking tetapi anggaran yang kita kelola untuk kepentingan publik." Tegas Gus Men

Rapat virtual ini diikuti oleh Kakanwil Kemenag Provinsi didampingi pejabat eselon III, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota, Kepala Balai/Loka Diklat Keagamaan, Kepala Balai Litbang Agama dan Kepala UPT Asrama Haji se-Indonesia. (Muz/ Humas Kemenag Buru)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.