Khatib Jumat di Masjid Agung Al-Buruj Namlea, Kepala KUA Lilialy: Gembira Menyambut Ramadan

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lilialy Afif Arwani, S.Ag., M.Sy bertindak sebagai khatib Jumat di Masjid Agung Al-Buruj Namlea. Kecamatan Namlea Jumat, (01/03/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lilialy Afif Arwani, S.Ag., M.Sy bertindak sebagai khatib Jumat di Masjid Agung Al-Buruj Namlea. Kecamatan Namlea Jumat, (01/03/2024)

Mengawali khutbahnya, Afif Arwani menyampaikan bulan suci Ramadan akan tiba sehingga Rasulullah Saw melalui hadisnya telah memberikan motivasi kepada sahabat dan umatnya agar menyambutnya dengan gembira.

"Barang siapa yang senang (gembira) dengan datangnya bulan Ramadan, maka Allah Swt akan mengharamkan jasadnya terkena api neraka." Bacakan hadis nabi Muhammad Saw

Betapa istimewanya bulan suci Ramadan dimana bulan ini menjadi bulan penuh rahmat, penuh keberkahan, penuh ampunan, bulan pembebasan dari api neraka, bulan lailatul qadar, dan bulan diturunkannya al-Qur'an.

Afif Arwani menjelaskan, Rasulullah Saw menggambarkan jika umatnya mengetahui keistimewaan bulan suci Ramadan maka mereka mengharapkan agar satu tahun menjadi Ramadan.

Lanjutnya, walau harus berlapar-lapar, berdahaga, menahan nafsu, menahan amarah, meningkatkan sedekah, sholat wajib dan sunnah, membaca al-Qur'an dengan tujuan utama bisa meraih keistimewaan bulan suci Ramadan yang mulia.

"Dalam bulan Ramadan, kita bisa berlatih meneladani sifat-sifat mulia, yang dimiliki Allah Swt. sehingga kita menjadi manusia yang lahir batinnya baik dan terpuji." Jelas Afif Arwani

Lanjutnya, begitu istimewanya bulan suci Ramadan dengan tujuan untuk mengembalikan jati diri manusia sebagai makhluk yang paling mulia dengan amal ibadah, perbuatan, dan perilaku dalam menghadapi 11 bulan lainnya setelah bulan Ramadan.

"Marilah kita berusaha untuk meraih rahmatnya magfirah, dan segala keberkahan yang ada di bulan suci Ramadan dengan memanfaatkan setiap waktu menyambut dan melalui bulan Ramadan dengan penuh ketaatan." Ajaknya dalam khutbahnya

Memungkasi khutbahnya, Afif Arwani memohon agar jemaah yang hadir semuanya bisa mempersiapkan diri dalam menyambut bukan suci Ramadan dengan penuh kegembiraan dan berjumpa dengan bulan Ramadan 1445 H. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.