Khatib Jumat di Masjid Al-Wustha Waeleman, Penyuluh Agama Islam: Ingat 5 Perkara Sebelum 5 Perkara

Keterangan Gambar : Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I sekaligus Dai 3T Kementerian Agama bertindak sebagai khatib Jumat di Masjid Al-Wushto desa Waeleman. Kecamatan Waelata Jumat, (15/03/2024)


Buru, (Inmas)-Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I sekaligus Dai 3T Kementerian Agama bertindak sebagai khatib Jumat di Masjid Al-Wushto desa Waeleman. Kecamatan Waelata Jumat, (15/03/2024)

Dalam khutbahnya Agus Salim mengingatkan jemaah sholat Jumat untuk memahami, menghayati, dan mengerjakan nasehat yang disampaikan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah hadisnya tentang Ingatlah 5 Perkara sebelum 5 perkara.

"Sebagai seorang muslim yang taat patutlah kita mengikuti dan meneladani Rasulullah Saw sebagai mana yang dilakukan dan disampaikan olehnya salah satunya pesan ingatlah 5 perkara sebelum 5 perkara." Kata Agus Salim dalam khutbahnya

Manfaatkanlah 5 perkara sebelum 5 perkara, kelima perkara yaitu Pertama, waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu artinya selagi tubuh yang masih kuat tenaga yang masih maksimal harus dimanfaatkan untuk beribadah sebanyak dan sebaik mungkin sebelum datangnya waktu tua yang kadang sakit, lemah, dan tidak memiliki tenaga untuk melakukan ibadah sekuat di waktu muda.

Kedua, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu artinya kesehatan yang diberika oleh Allah Swt harus dimanfaatkan dengan beribadah dan melakukan berbagai amal sholeh sebanyak mungkin karena ketika sakit bisa melakukan ibdah tetapi terbatas dan tidak semudah dan sebanyak ketika dalam keadaan sehat.

Ketiga, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu artinya dengan kekayaan yang diberikan oleh Allah Swt dimanfaatkan untuk bersedekah, berinfaq, dan berbagi kepada orang yang membutuhkan sehingga menjadi ladang amal dan amal jariyah nantinya.

Keempat, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu artinya waktu luang selama hidup di dunia digunakan sebaik mungkin untuk beribadah dan beramal shaleh sebelum waktu sibuk di akhirat karena perhitungan amal yang sedikit karena lalai di dunia.

Kelima, hidupmu sebelum datang matimu artinya setiap muslim amalnya akan terputus setelah meninggal dunia sehingga jangan sampai selama masih hidup tidak pernah melakukan ibadah dan amal shaleh sehingga nantinya akan menyesal di akhirat kelak.

Memungkasi khutbahnya Agus Salim mengingatkan bahwa dunia hanyalah sementara dan akhirat untuk selama-lamanya, sehingga jangan pernah lalai dan berleha-leha dalam ketidak patuhan terhadap perintah Alalh Swt.

Serta Agus Salim juga mengajak jemaah untuk sama-sama melakukan kelima nasehat dari Rasulullah Saw dalam kehidupan sehari-hari untuk sama-sama menjadi orang terbaik di dunia dan juga di akhirat nantinya. (Muz Humas Kemenag Buru)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.