Khatib Jumat di Masjid Assalamah Waenetat, Kepala KUA Waeapo: Jaminan Dari Allah Setelah Ramadan

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Waeapo Yusuf Ali, S.Ag bertindak sebagai khatib Jum'at di Masjid Assalamah desa Waenetat. Kecamatan Waeapo Jumat, (03/05/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Waeapo Yusuf Ali, S.Ag bertindak sebagai khatib Jum'at di Masjid Assalamah desa Waenetat. Kecamatan Waeapo Jumat, (03/05/2024)

Dalam khutbahnya, Yusuf menyampaikan terdapat empat jaminan yang Allah SWT berikan kepada orang-orang Muslim yang telah berhasil berpuasa selama sebulan penuh di bulan suci Ramadan.

Jaminan yang pertama, Para Malaikat akan turun ke Bumi, mengajak, memanggil kepada kaum Muslimin keluarlah untuk menuju Tuhan Yang Maha Mulia.

"Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik bahwa Wahai malaikat-Ku! Apakah balasan bagi orang jika telah selesai dari pekerjaannya?’ Para malaikat menjawab, ‘Tuhan kami, tentu ia diberikan upahnya’. Kemudian Allah berfirman, ‘Saksikanlah, bahwa Aku memberikan pahala dari puasa dan shalat mereka dengan keridhaan dan ampunan-Ku. Pulanglah kalian semua dengan ampunan untuk kalian.’" Bacakan hadisnya

Jaminan yang kedua, para pembaca Al-Qur'an akan diberikan syafaat pada hari Kiamat.

"Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya." Lanjutnya 

Sedangkan jaminan yang ketiga, Orang yang berzakat fitrah akan mendapatkan Jaminan dari Allah SWT dengan diterimanya ibadah puasanya.

“Dalam sebuah hadis bawa Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah itu sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan perkataan kotor dan sebagai makanan bagi orang miskin. Karena itu, barang siapa mengeluarkan sesudah salat maka dia itu adalah shadaqoh biasa." Kata Yusuf dalam khutbahnya 

Terakhir yaitu yang keempat, Manusia yang bebas dari ancaman neraka, ketaatannya bertambah, dan diampuni dosa-dosanya hanyalah bagi orang-orang yang bertakwa lebih dari itu mereka pun disediakan surga.

"Allah SWT berfirman dalam Qur'an surat Al-Imran ayat 133 bahwa Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." Tegasnya dalam khutbahnya 

Itulah berbagai jaminan yang akan Allah SWT berikan kepada kita semua yang telah berhasil menjalankan kewajiban puasa selama satu bulan Ramadan yang diakhiri dengan shalat Idul Fitri.

Saat itu kita semua kembali suci bersih tanpa noda sedikitpun, sehingga pada akhirnya kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT dengan predikat Muttaqin. (Muzni)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.