Kultum Ramadan: Penyuluh Agama Islam Ingatkan 3 Pesan Penting Puasa Ramadan

Keterangan Gambar : Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I selaku dai 3T Kementerian Agama lakukan safari Ramadan di Masjid Al-Wustho desa Waeleman. Kecamatan Waelata Selasa (11/08/2024)


Buru, (Inmas)-Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I selaku dai 3T Kementerian Agama lakukan safari Ramadan di Masjid Al-Wustho desa Waeleman. Kecamatan Waelata Selasa (11/08/2024)

Dalam Safari Ramadannya, Agus Salim mengisinya dengan berikan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di sela-sela sholat Isya dan Tarawih. Agus Salim mengingatkan tiga pesan penting dalam menjalankan ibadah puasa bagi seorang mukmin.

"Pesan pertama, bagi seorang muslim yang taat, menjalankan ibadah puasa Ramadan harus dilakukan secara baik dengan melakukan tiga pesan penting ini." Kata Agus Salim saat sampaikan kultumnya

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan seorang mukmin yang taat haruslah menyegerakan berbuka puasa sesuai dengan hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Bukhari bahwa: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka."

"Menyegerakan puasa itu bukan berti berbuka mendahului waktu atau berbuka sebelum waktunya, tetapi ketika sudah masuk waktunya berbuka maka langsunglah berbuka jangan ditunda-tunda." Jelas Agus Salim

Lanjutnya, menyegerakan berbuka dilakukan tidak harus dengan makanan dan minuman yang enak tetapi dengan seteguk air atau sedikit makanan harus dilakukan.

"Pesan kedua, sesuai dengan hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Ahmad bahwa senantiasa umatku dalam kebaikan selama mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa."Ujar Agus Salim

Menjalankan ibadah puasa perlunya energi yang cukup dari apa yang dikonsumsi baik makanan dan minuman, anjuran mengakhiri sahur adalah agar tubuh kuat dan mampu menjalankan ibadah puasa serta mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

"Pesan ketiga, sesuai dengan hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh imam bukhari bahwa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa kecuali haus, mengantuk, dan capek karena tidak meninggalkan hal-hal yang tidak baik." Jelas Agus Salim

Lanjutnya, jangan sampai kita semua berpuasa tetapi tidak mencampai ketakwaan dan keimanan serta pahala dari Allah melainkan tidak mendapatkan apa-apa dan terasa sia-sia.

Memungkasi penyampaiannya, Agus Salim mengajak untuk sama-sama melakukan ketiga pesan penting dalam menjalankan ibadah puasa sehingga bisa mencapai tujuan takwa, meningkatkan keimanan, dan mendapatkan pahala dari Allah Swt. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.