Malam Ke-19 Ramadan Masjid Agung Al-Buruj Namlea, Kepala KUA Lilialy: Tingkatkan Tilawatil Quran

Keterangan Gambar : Malam ke-19 Ramadan 1445 H bertempat di Masjid Agung Al-Buruj Namlea Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lilialy Afif Arwani, S.Ag., M.Sy bertindak imam sholat sekaligus pemberi kultum Ramadan. Kecamatan Namlea Jumat, (29/03/2024)


Buru, (Inmas)-Malam ke-19 Ramadan 1445 H bertempat di Masjid Agung Al-Buruj Namlea Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lilialy Afif Arwani, S.Ag., M.Sy bertindak imam sholat sekaligus pemberi kultum Ramadan. Kecamatan Namlea Jumat, (29/03/2024)

Dalam kultumnya, Afif memulainya dengan membacakan sebuah hadis Rasulullah Saw yang dinukilkan oleh Abu Umamah al-Bahili yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

"Rasulullah Muhammad Saw bersabda dalam sebuah hadis bahwa bacalah al-Qur'an, maka sesungguhnya al-Qur'an akan datang di hari kiamat nanti untuk memberikan syafaat kepada mereka yang membaca al-Qur'an." Kata Afif awali kultumnya

Hadis ini menganjurkan untuk selalu membaca al-Qur'an sehingga ketika nantinya di akhirat al-Qur'an bisa menjadi penolong bagi siapa saja yang membacanya selama di dunia.

"Jika kita ditolong dalam keadaan susah pastilah kita merasa bahagiah, apa lagi nantinya di akhirat tidak ada yang bisa menolong kita selain Allah Swt. Seketika itu al-Qur'an datang sebagai penolong pastilah lebih bahagia." Jelas Afif

Afif mengajak jemaah untuk sama-sama menjadi ahli Qur'an dengan bersahabat baik dengan terus membaca al-Qur'an dalam keadaan apa pun, kapan pun, dan dimana pun ia berada.

"Sahabat dengan al-Qur'an bukan jalan ke mana-mana dengan terus membawanya tapi tanpa membacanya, melainkan mengatur waktunya agar terus dibaca secara baik dan benar." Ujar Afif

Lebih jelasnya bersahabat dengan al-Qur'an dengan tidak hanya membacanya tetapi perilaku, ucapan, pandangan, dan lisannya mencerminkan al-Qur'an dan apa yang diajarkan al-Qur'an.

"Bulan suci Ramadan hampir telah selesai tinggal 10 hari lagi kita akan berpisah denganya, sehingga marilah kita meningkatkan tilawatil Qur'an kita di penghujung Ramadan ini." Ucap Afif Arwani

Memungkasi kultumnya Afifi berharap semoga kita semua selalu membaca, menjaga, dan mengamalkan al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya al-Qur'an datang sebagai penolong dan pembela di akhirat kelak. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.