Safari Ramadan, Penyuluh Agama Islam: Pentingnya Silaturahmi di Bulan Suci Ramadan

Keterangan Gambar : Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Muhammad Thahir, S.HI bersama Muhammad Arifin Hafid, S.Fil.I melakukan safari Ramadan bersama Majelis Ambolongo Kabupaten Buru. Musholla Uchi Gallery BTN Tatanggo Kamis, (28/03/2024)


Buru, (Inmas)-Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Muhammad Thahir, S.HI bersama Muhammad Arifin Hafid, S.Fil.I melakukan safari Ramadan bersama Majelis Ambolongo Kabupaten Buru. Musholla Uchi Gallery BTN Tatanggo Kamis, (28/03/2024)

Safari Ramadan yang dilakukan bersama Majelis Ambolongo dan Jemaah Wahdah Islamiyyah Kabupaten Buru dirangkaikan dengan buka puasa bersama, sholat Magrib, Isya, Tarawih, dan witir berjamaah.

Penyuluh Agama Islam bertindak sebagai Imam sholat tidak hanya itu di sela-sela Sholat Isya dengan Tarawih Penyuluh Agama Islam memberikan Kultum tentang pentingnya silahturahmi di dalam bulan suci Ramadan.

Mengawali kultumnya Thahir membacakan sebuah hadis dari Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

"Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasulullah Saw bersabda barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim." Kata Thahir awali kultumnya

Lanjutnya, dalam hadis ini seorang muslim yang menjalin silaturahmi antar sesama baik sesama keluarga, kerabat, sanak saudara, teman, dan sesama manusia maka dia akan mendapat dua keutamaan apa lagi di bulan suci Ramadan seperti ini.

Keutamaan yang pertama, dilapangkan rezekinya yaitu Allah Swt akan memudahkan dan meluaskan rezeki bagi orang-orang yang menjalin hubungan silaturahmi antar sesama manusia.

"Bisa jadi rezeki kita kurang baik atau kurang lancar sudah kerja banting tulang, memang semuanya harus disyikuri karena itu nikmat dari Allah Swt, tetapi bisa saja dengan menjalin silahturahmi antar sesama rezeki kita makin bertambah." Jelas Thahir

Keutamaan yang kedua, ditambah umurnya. Umur memanglah sudah digariskan dan ditakdirkan oleh Allah Swt sebelum manusia dilahirkan di dunia. Tetapi ada sebab-sebab tertentu usia kita diperpanjang oleh Allah Swt salah satu caranya dengan bersilahturahmi.

"Silahturahmi antar sesama bisa jadi menjadi salah satu sebab kita diperpanjang usia kita, sesuai hadis ini semua itu bisa terjadi. Tergantung kita jika kita benar-benar tulus silaturahmi antar sesama ataukah tidak." Ujar Thahir

Lanjutnya, apa lagi di bulan suci Ramadan haruslah silahturahmi bisa dijalin lagi. Banyak keluarga, Sanak saudara, sahabat yang sedang pulang mudik dan kembali ke kampung halaman sehingga bisa dijadikan untuk bersilahturahmi bersama mereka.

"Misalnya pertemuan yang sedang dilakukan sekarang ini bagian dari silahturahmi antar sesama, silahturahmi dilakukan dengan cara yang baik dan mendapatkan pahala." Ungkap Thahir

Memungkasi kultumnya Thahir mengajak jemaah untuk sama-sama terus melakukan dan menjaga silaturahmi antar sesama baik keluarga, kerabat, sahabat, atau sanak saudara lainnya, sehingga bisa mendapatkan dua keutamaan dari silahturahmi. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.