Sambut Bulan Suci Ramadan Penyuluh Agama Islam Berikan Penguatan Moderasi Beragama di Pedalaman Pula

Keterangan Gambar : Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I memberikan penguatan moderasi beragama kepada umat muslim yang berada di pedalaman pulau Buru. Desa Persiapan Waengura Minggu, (11/03/2024)


Buru, (Inmas)-Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Agus Salim, S.Pd.I., M.Pd.I memberikan penguatan moderasi beragama kepada umat muslim yang berada di pedalaman pulau Buru. Desa Persiapan Waengura Minggu, (11/03/2024)

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1445 H Dewan Kemakmuran Masjid (DKP) Nurul Hikmah dan Nurul Hijah Wamana Baru kecamatan Fena Leisela menggelar penguatan keimanan dan penguatan toleransi beragama bagi umat Islam di Desa Persiapan Waengura.

Selain Penyuluh Agama Islam Agus Salim merupakan seorang dai daerah 3 T Kementerian Agama di Kabupaten Buru. Dalam penyampaiannya, pentingnya moderasi beragama dalan kehidupan bermasyarakat apa lagi dalam bulan suci Ramadan.

Menurutnya, dengan kondisi keberagaman yang ada baik agama Islam, Kristen, Hindu, dan kepercayaan lainnya membuat umat Islam perlu diperkuat tentang moderasi beragama terutama terkait batasan ajaran agama Islam serta mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak.

Agus Salim memberikan beberapa kisah Nabi Muhamamd Saw dalam menjadi Khalifah dan peran Rasulullah dalam kemajuan Islam dengan mampu mengatur kehidupan sosial yang beragam.

Lanjutnya, Bulan suci Ramadan menjadi bulan silahturahmi, bulan berbagi, dan bulan kasih sayang dimana saling menghidupkan gotong royong dan kehidupan kekeluargaan antar sesama tanpa memandang agama atupun lain sebagainya.

"Bulan Ramdan itu harus saling baik antara satu dengan yang lain, saling berbagi makanan, saling membantu, dan saling tegur sapa antar satu dengan yang lain." Ujar Agus Salim 

Agus Salim menjelaskan di dalam Al-Qur'an surah Al-Mumtahanah ayat 8-9 Allah SWT memerintahkan kepada orang Islam agar berlaku baik kepada umat beragama selama bukan dalam persoalan agama.

Memungkasi penyampaiannya, Agus Salim mengajak masyarat desa terutama yang bukan beragama Islam untuk saling bertoleransi dalam menjaga perasaan orang Islam yang nanti menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Hadir dalam kegiatan ini pemerintah desa, para tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat desa serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKP) Nurul Hikmah dan Nurul Hijah Wamana Baru kecamatan Fena Leisela. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.