Peletakan Batu Pertama Gedung SBSN KUA Lilialy, Ka.KanKemenag Buru: KUA Akan Hadir Untuk Semua Agama

Keterangan Gambar : di Tahun 2024 ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru mendapatkan sebuah gedung SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lilialy. Desa Sawa Sabtu, (06/04/2024)


Video Terkait:


Buru, (Inmas)-di Tahun 2024 ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru mendapatkan sebuah gedung SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lilialy. Desa Sawa Sabtu, (06/04/2024)

Bertempat di desa Sawa pembangunan gedung SBSN KUA Lilialy akan dibangun. Peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Buru Dr. Jalaludin Salampessy, S.Pi., S.H., M.Si bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag.

Gani Wael dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Agama bahwa KUA akan menjadi tempat pelayanan keagamaan untuk semua agama termasuk pelayanan pernikahan.

"Kalau itu KUA, maka aturannya akan diubah lagi, sehingga tidak semestinya hanya orang Islam berurusan di sini, tetapi semua agama akan berurusan di Kantor KUA yang melayani semua agama." Kata Gani Wael dalam sambutannya

KUA akan menjadi seperti Kantor Kemenag dimana semua pelayanan keagamaan kepada umat akan ada di sana. Serta dilengkapi dengan Kepala KUA, para penghulu, penyuluh semua agama, dan berbagai program untuk semua agama.

Pelayanan Pernikahan yang tadinya untuk mereka yang non muslim harus ke Dukcapil yang berada di ibu kota kabupaten nantinya tidak lagi. Sehingga dengan ini mereka hanya pergi ke KUA kecamatan yang jaraknya lebih dekat dan mempermudah pelayanan kepada umat.

Ka.KanKemenag Buru terus mendukung semua program Kemenag terutama dalam pemberian kemudahan pelayanan kepada umat. Dengan ini semua umat dapat dipermudah dalam hal pelayanan keagamaan.

Gani Wael menambahkan, terdapat lima gedung SBSN Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten Buru sedang dalam pengusulan. Diantaranya Kecamatan Teluk Kaiely, Batabual, Waplau, Fena Leisela, dan Airbuaya.

"Semoga dengan bulan suci Ramadan ini, atas doa dari semuanya kelima kecamatan yang sedang kami usulkan ini diterima di tahun ini untuk pembangunan di tahun 2025 nanti, mohon dukungan dan doanya." Ujar Gani Wael

Pada kesempatan ini Gani Wael menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak karena yang seharusnya melakukan peletakan batu pertama adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I. 

Ketidak hadiran Ka.Kanwil Kemenag Maluku karena harus mempersiapkan beberapa agenda penting terkait Provinsi Maluku (Kota Ambon) menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA) untuk penyelenggaraan haji 2024 di Maluku.

Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Bupati Buru, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buru, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Buru, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buru, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Buru, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Pejabat Eselon IV Kemenag Buru, Ketua FKUB Kabupaten Buru, Ketua DWP Kemenag Buru, Kepala KUA, Kepala Desa, Kepala Madrasah, Tokoh Agama, dan Masyarakat desa Sawa. (Muz Humas Kemenag Buru)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.