Buka Asesmen Madrasah Tingkat MTs, Ka.KanKemenag Buru: Tidak Hanya Mengukur Siswa Tetapi Juga Guru

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag membuka kegiatan Asesmen Madrasah Tahun 2024 tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di MTs Miftahul Khair Namlea. Kecamatan Namlea Senin, (22/04/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag membuka kegiatan Asesmen Madrasah Tahun 2024 tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di MTs Miftahul Khair Namlea. Kecamatan Namlea Senin, (22/04/2024)

Menurut Gani Wael pelaksanaan Asesmen Madrasah tidak hanya mengukur pencapaian para peserta didik tetapi juga mengukur keberhasilan guru dalam mendidik siswa.

"Pelaksanaan Asesmen Madrasah ini tidak hanya menguji pencapaian para siswa-siswi tetapi juga mengukur keberhasilan guru selama mengajar di madrasah." Kata Gani Wael dalam sambutannya 

Gani Wael menyampaikan, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Muchamad Sidik Sisdiyanto Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah bahwa Asesmen Madrasah sebagai pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN).

Lanjutnya, Gani Wael mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Buru karena telah sukses memprogramkan tuan rumah pembukaan AM Madrasah setiap tahunnya. 

Serta berterima kasih juga kepada para pengawas Madrasah dan Pengawas PAI karena telah aktif dalam melakukan bimbingan kepada madrasah sehingga para Madrasah kompak dan sukses dalam menjalankan berbagai program madrasah.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Buru Saleh Warhangan, S.Pd menjelaskan dalam sambutannya, pelaksanaan Asesmen Madrasah berpedoman pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

Lanjutnya, pelaksanaan pembukaan Asesmen Madrasah setiap tahunnya dilakukan secara bergiliran dari satu MTs ke MTs yang lain. Dengan tujuan pelaksanaan Asesmen Madrasah dapat dilakukan pada semua MTs yang ada di kabupaten Buru.

Pembukaan Asesmen Madrasah oleh Ka.KanKemenag Buru dilakukan dengan men-scan barcode Asesmen Madrasah yang didampingi oleh Penjabat Eselon IV Kemenag Buru bersama Ketua KKMTs dan Kepala MTs Miftahul Khair Namlea.

Dilanjutkan dengan proses penyematan tanda pengenal Asesmen Madrasah oleh Ka.KanKemenag Buru bersama Kepala Seksi Pendis kepada dua orang siswa-siswi madrasah sebagai perwakilan peserta Asesmen Madrasah.

Hadir dalam kegiatan ini Ka.KanKemenag Buru, Pejabat Eselon IV Kemenag Buru, Kepala MTs Sekabupaten Buru, Kepala MI, Kepala MA, Kepala KUA Kecamatan Namlea, Penyuluh Agama Islam, dan Penyuluh Agama Kristen. (Muzni)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.