Berikan Kultum Ramadan, Kasi Pendis: Ending Puasa Ramadan Mencapai Ketakwaan Kepada Allah Swt

Keterangan Gambar : Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Mohammad Ikbal Naya, S.Sos., M.Si memberikan Kultum (ceramah singkat) Ramadan di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Selasa, (19/03/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Mohammad Ikbal Naya, S.Sos., M.Si memberikan Kultum (ceramah singkat) Ramadan di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Selasa, (19/03/2024)

Kultum yang wajib dilakukan setelah selesai sholat Zuhur berjamaah selama bulan suci Ramadan. Ikbal Naya menyampaikan, ending dari puasa di bulan suci Ramadan mencapai keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

"Ending dari pada puasa Ramadan itu selaku umat Islam  adalah menjadikan kita orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt." Kata Ikbal Naya dalam kultumnya

Lanjutnya, ketakwaan seorang hamba kepada Allah Swt tidak terlepas dari keimanan. Menurut Ikbal Naya proses ibadah yang dilakukan tidak akan dilaksanakan jika seseorang hamba tidak didasari oleh rasa keimanan.

"Jadi takwa itu tidak lepas dari keimanan kita terhadap rukun iman itu sendiri. Jika puasa didasarkan pada pikiran kita bukan karena keimanan kita bisa saja kita tidak melaksanakan ibadah puasa." Tegas Ikbal Naya

Keimanan yang diyakini secara kuat oleh seorang hamba sehingga ia terdorong dan menjadi dasar yang kuat untuk melakukan berbagai macam ibadah termasuk puasa di bulan suci Ramadan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah Swt.

"Tetapi karena kita beriman dan bertakwa maka, kita meyakini itu. begitupun dengan semua rukun iman yang wajib diimani dalam setiap diri umat muslim. Maka kita bisa melaksanakan semua perinta Allah dengan penuh keimanan sehingga bisa mencapai ketakwaan." Ujar Ikbal Naya

Ikbal Naya menyimpulkan bahwa takwa itu mengatur hubungan horizontal kita sesama manusia dan hubungan vertikal kita kepada Allah Swt. Atau dalan bahasa Agama menyebutnya Hablum Minannas dan Hablum Minallah.

"Untuk mencapai ketakwaan kepada Allah Swt perlunya rasa keimanan yang tinggi sehingga bisa melakukan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya dengan penuh keikhlasan, kesabaran, dan ketawaduan." Ujar Ikbal Naya

Memungkasi penyampaiannya, Ikbal Naya mengajak semua pegawau untuk sama-sama meningkatkan keimanan dengan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dengan sebaik-baiknya sehingga memperoleh gelar takwa oleh Allah Swt. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.