Kabar Duka: Jemaah Haji Kabupaten Buru Syahid di Tanah Suci

Keterangan Gambar : Mendengar kabar duka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru mengucapkan belasungkawa kepada pihak keluarga. Kanwil Kemenag Maluku Kota Ambon Jumat, (21/06/2024)


Buru, (Inmas)-Hari ini bertempat di Rumah Sakit An-Nur Mekkah Jemaah Haji Kabupaten Buru Kemis Sumarto Bin Kartawirja dinyatakan Syahid pada pukul 08:45 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Kemis Sumarto merupakan salah satu Jemaah Haji Indonesia asal Provinsi Maluku Kabupaten Buru yang tergabung dalam UPG-30.

Mendengar kabar duka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru mengucapkan belasungkawa kepada pihak keluarga. Kanwil Kemenag Maluku Kota Ambon Jumat, (21/06/2024)

"Kemenag Kabupaten Buru turut berduka cita atas syahidnya Kemis Sumarto Bin Kartawirja Semoga husnul khatimah, amal ibadah, diterima oleh Allah Swt serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan, amin." Ucap Ka.KanKemenag saat dikonfirmasi Humas Kemenag Buru lewat telepon 

Ka.KanKemenag juga melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku terkait kabar duka yang didengarnya.

Ka.Kanwil Kemenag Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I yang didampingi oleh Ketua PPIH EHA Provinsi Maluku H. Djumadi Wally, S.Ag., MH menerima kunjungan Ka.KanKemenag Buru.

Ka.Kanwil Kemenag Maluku menjelaskan, almarhum meninggal karena sakit. Penyebab sakitnya masih menunggu konfirmasi dari pihak PPIH EHA Provinsi Maluku terkait keterangan hasil medis dari Kloter UPG-30.

Lanjutnya, Almarhum masuk Rumah Sakit An-Nur Mekkah pasca Armuzna (Puncak ibadah haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina) serta sempat dirujuk ke Rumah Sakit setempat dan disafari wukufkan. 

Ketua PPIH EHA Provinsi Maluku juga menambahkan, almarhum akan dikuburkan pada hari ini Jumat 21 Juni 2024 di Makbarah Syuhadah Al-Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi. 

Menurut Ketua PPIH EHA Provinsi Maluku, almarhum Kemis Sumarto bin Kartawirja merupakan jemaah haji Provinsi Maluku kedua yang telah dinyatakan Syahid di tanah suci. Sebelumnya adalah almarhum Gustian Pawae bin Abusalam Pawae dari Kloter 30 asal Kabupaten Maluku Tengah.

Dr. H. Yamin meminta kepada Ka.KanKemenag Buru untuk menyelesaikan ucapan berbelasungkawanya, Kanwil Kemenag Maluku, dan PPIH EHA Provinsi Maluku kepada keluarga secara langsung di rumah duka.

Menindaklanjutinya, Ka.KanKemenag Buru menugaskan Plt. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Padli Lauselang, S.Ag untuk langsung menuju rumah duka dan menyampaikan ucapan duka tersebut.

"Alhamdulillah tadi saya sudah kerumah duka, dan sudah menyampaikan ucapan duka serta informasi terkait almarhum secara langsung kepada keluarganya." Kata Plt. PHU saat dikonfirmasi Humas Kemenag Buru 

Menurutnya, Pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang diberikan kepada almarhum mulai dari proses hingga pelaksanaan ibadah haji. 

Pihak keluarga juga mengucapkan permohonan maaf jika terdapat kesalahan selama proses pelayanan persiapan hingga Keberangkatan haji kepada Kementerian Agama dan PPIH EHA Provinsi Maluku.

Hadir dalam koordinasi bersama Ka.Ka Kemenag Buru, Ketua PCNU kabupaten Buru Rizal Faisal Ipa, S.Sos., M.Si dan bersama parabtokoh Pemuda Maluku.

(Muzni)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.