Penyuluh Agama Islam: Perumpamaan Sedekah Seperti Sebuah Benih Menumbuhkan Banyak Buah

Keterangan Gambar : Menutup Kultum Ramadan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru yang digelar selama bulan suci Ramadan Penyuluh Agama Islam Mustika Andi Wolio, S.HI bawakan kultum dengan judul "Perumpamaan Sedekah Seperti Sebuah Benih yang Menumbuhkan Banyak Buah." Kecamatan Namlea Kamis, (04/04/2024)


Buru, (Inmas)-Menutup Kultum Ramadan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru yang digelar selama bulan suci Ramadan Penyuluh Agama Islam Mustika Andi Wolio, S.HI bawakan kultum dengan judul "Perumpamaan Sedekah Seperti Sebuah Benih yang Menumbuhkan Banyak Buah." Kecamatan Namlea Kamis, (04/04/2024)

Mengawali kultumnya, Penyuluh Agama Islam membacakan sebuah ayat Al-Qur'an pada surah Al-Baqarah ayat 261 yang menjelaskan tentang perumpamaan sedekah.

"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah samahalnya orang-orang yang menabur sebutir biji atau benih yang menumbuhkan tujuh tangkai." Bacakan potongan ayat

Mustika menjelaskan, seorang muslim yang menginfakkan atau mensedekahkan hartanya dalam bentuk apapun, maka orang tersebut diperumpamakan telah menabur benih-benih kebaikan sehingga dari setiap benih akan tumbuh seperti sebuah pohon yang memiliki tujuh tangkai.

"Pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui." Ujar Mustika lanjutkan bacaan ayatnya

Lanjutnya, dari tujuh tangkai akan tumbuh seratus biji artinya Allah Swt akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah, sebagaimana benih yang menumbuhkan banyak buah.

"Perumpamaan sedekah ini adalah bentuk kasih sayang Allah kepada mereka yang mau bersedekah, berinfak, dan berbagi di jalan Allah dengan peduli kepada sesama manusia dan peduli kepada agama Allah." Jelas Mustika

Menurut Mustika, sebagai Pegawai Kemenag patutlah bangga karena pendapatan yang diberikan setiap bulannya cukup untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dari pendapatan itu haruslah mampu memberikan sedikit bagian kepada orang-orang yang membutuhkan.

Memungkasi penyampaiannya Mustika mengajak pegawai Kemenag Buru untuk bisa bersedekah, berinfak, dan berbagai antar sesama sehingga pahala yang banyak bisa diperoleh di bulan suci Ramadan. 

Bertindak sebagai Imam Sholat Zuhur MuhammadbThahir, SHI., Muazin Asis Difinubun, S.HI dan bertindak moderator Sitti Sriya Narahaubun S.Sos.I. semua ini adalah Penyuluh Agama Islam Kemenag Buru. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.