Kultum Ramadan: Kepala Penyelenggara Zawa Ajak Pegawai Hidup Bahagia Bersama Al-Quran

Keterangan Gambar : Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Hasanudin Musa, S.HI bertindak pemberi kultum di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Kamis, (21/03/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Hasanudin Musa, S.HI bertindak pemberi kultum di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Kamis, (21/03/2024)

Seperti hari-hari sebelumnya aktivitas setelah sholat Zuhur berjamaah di Mushalah Kantor Kemenag Buru dilanjutkan dengan kultum sebagai penguat dan penambah iman di bulan suci Ramadan.

Hasanudin mengajak pegawai Kemenag Buru untuk hidup bahagiah bersama al-Qur'an.  Menurutnya al-Qur'an itu sebagai hidayah, menjadi petunjuk, dan cermin kepada manusia untuk hidup bahagia di dunia dan juga akhirat.

"Hasanudin membacakan ayat Qur'an pada surah Thaha ayat 2, Kami tidak turunkan al-Qur'an untuk membuat manusia susah tetapi sebaliknya, manusia bahagiah dengan adanya al-Qur'an." Kata Hasanudin dalan kultumnya

Lanjutnya, kehadiran al-Qur'an tidak hanya membawa kebahagiaan di dunia tetapi juga di akhirat. Dengan menjalankan semua perintah Allah Swt dan Rasulullah Muhammad Saw dengan berpedoman pada al-Qur'an maka manusia akan hidup bahagia.

Hasanudin mengajak pegawai untuk sama-sama membumikan al-Qur'an di bulan suci Ramadan dengan meperbanyak membacanya, mengambil ibrah di dalamnya, dan memperaktekkannya dalam kehidupan sehari-sehari sebagi wujud kecintaan kepada Qur'an.

"Dengan melakukan itu semua tidak heran jika kita selaku umat Islam pastinya merasa bahagiah dan tenang dengan berbagai cobaan yang ditipa dan selamat di dunia sampai di akhirat kelak." Ujar Hasanudin

Hasanudin menambahkan, tidak lupa memohon ampun dan bertaubat di bulan suci Ramadan kepada Allah Swt sebagai bentuk penyesalan dan permohonan maaf atas kehilafan dan kesalahan yang pernah dilakukan.

"Olehnya mungkin pada Sebelas bulan yang lalu kita pernah lalai dan berdosa maka dari itu kita manfaatkan bulan suci Ramadan ini sebaik mungkin untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah Swt." Pinta Hasanudin

Hasanudin membacakan sebuah hadis dari Rasulullah Saw yang dikutib oleh Abdullah bin Mas'ud r.a. bahwa orang yang bertaubat dari dosa adalah seperti orang yang tidak berdosa.

Memungkasi penyampaiannya, Hasanudin berharap agar kecintaan dan ketakwaan kepada Allah Swt makin meningkat di bulan suci Ramadan dengan menjadikan al-Qur'an sebagi pedoman hidup dan memperbanyak meminta ampun kepada Allah Swt. (Muz Humas Kemenag Buru)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.