Kultum Ramadan: Pengawas Madrasah Ajak Pegawai Jadi Pejuang Ramadan Terbaik

Keterangan Gambar : Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Yunus Rahim, S.Ag ajak pegawai untuk menjadi pejuang Ramadan terbaik. Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru Selasa, (26/03/2024)


Buru, (Inmas)-Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Yunus Rahim, S.Ag ajak pegawai untuk menjadi pejuang Ramadan terbaik. Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru Selasa, (26/03/2024)

Sama halnya dengan hari-hari sebelumnya Kantor Kemenag Buru selalu menggelar kultum Ramadan sesudah sholat Zuhur secara berjamaah di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru.

Dalam kultumnya Yunus mengajak pegawai Kemenag untuk memanfaatkan bulan suci Ramadan menjadikannya momen terbaik menjadi pejuang Ramadan Terbaik.

"Kita selaku umat Muslim yang taat, patutlah menjadikan bulan suci Ramadan menjadikan kita sebagi pejuang Ramadan terbaik dengan menjadi lebih baik dari sebelumnya." Kata Yunus dalam kultumnya

Menurutnya, menjadi lebih baik dari kemarin dengan meningkatkan ibadah dari yang kemarin sedikit mejadi lebih banyak dengan mengukur peningkatan ibadah setiap harinya, meningkat selama bulan suci Ramadan telah menjadikan kita pejuang Ramadan terbaik.

Yunus berpatokan pada sebuah hadis nabi Muhammad Saw yang menjelaskan tentang harusnya setiap mukmin menjadi lebih baik setiap harinya. 

Hadisnya terdapat tiga bait bunyi hadisnya, Pertama, barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang beruntung. 

Kedua, barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang merugi. dan Ketiga, barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia orang yang dilaknat (celaka). 

Melanjutkan penyampaiannya Yunus menjelaskan, berpuasa itu menyehatkan. Berangkat dari sebuah hadis bahwa berpuasa itu menyehatkan. 

Sehingga ia sangat menganjurkan untuk tidak takut berpuasa walau dalam keadaan sakit. Dengan catatan tidak dalam sakit yang benar-benar parah sehingga tidak memumgkinkan untuk berpuasa.

Menurutnya banyak pengalamannya dengan berpuasa membuatnya sehat dan yang tadinya sakit menjadi sembuh karena salah satunya berpuasa.

Yunus berharap agar momentum bulan suci Ramadan bisa lakukan dengan menjadi lebih baik setiap harinya yang diikuti peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah kepada Allah Swt.

Bertindak sebagai imam sholat Zuhur kali ini Yunus Rahim, S.Ag serta selaku pemberi kultum dan sebagai muazin Asis Difinubun, S.Ag sedangkan bertindak moderator Iskandar Ahmad, M.Pd.I (Pengawas PAI). (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.