Kultum Ramadan, Penyuluh Agama Islam: Dua Kegembiraan Bagi Orang Yang Berpuasa di Bulan Ramadan

Keterangan Gambar : Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Muhammad Thahir, S.HI juga selaku Ketua Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Buru bertindak sebagai pemberi kultum di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Rabu, (27/03/2024)


Buru, (Inmas)-Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Muhammad Thahir, S.HI juga selaku Ketua Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Buru bertindak sebagai pemberi kultum di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru. Kecamatan Namlea Rabu, (27/03/2024)

Sama halnya dengan hari sebelumnya, dalam mengisi bulan suci Ramadan setiap pejabat dan pegawai memiliki jadwal memberikan kultum setiap kali selesai sholat Zuhur berjamaah di Mushalah Miftahul Khair Kantor Kemenag Buru.

Dalam kultumnya Thahir mengawalinya dengan membacakan sebuah hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang dua kegembiraan yang diperoleh oleh umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadan.

"Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, pertama kegembiaran ketika berbuka puasa atau berhari raya, dan kedua kegembiraan ketika bertemu Tuhannya." Kata Thahir dalam kultumnya

Thahir menjelaskan pertama, kegembiraan ketika berbuka puasa atau berhari raya artinya semua orang yang berpuasa setelah menahan diri dari lapar dan haus dari pagi hingga petang akan gembira ketika berbuka puasa.

"Setelah menahan diri dari lapar dan haus seharian pasti bahagia dengan nikmat  makanan dan minuman yang dimakan dan diminum dari berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dihidangkan ketika berbuka puasa." Jelas Thahir

Lanjutnya, kedua, kegembiraan ketika bertemu Tuhannya artinya ketika nantinya manusia akan meninggal dunia akan kembali kepada sang pencipta Allah Swt. Dengan ibadah puasanya akan membuatnya menjadi hamba yang taat dengan ketaatan itulah membuatnya masuk ke dalam syurganya Allah Swt.

"Ibadah puasa yang dilakukan selama hidup akan menjadi saksi ketaatan seorang Hamba kepada Allah Swt, sehingga dengan ketaatan itulah membuat manusia mulia sehingga dimasukan ke dalam syurganya Allah Swt." Jelas Thahir

Memungkasi kultumnya Thahir mengajak pegawai Kemenag untuk sama-sama menjalankan ibadah puasa Ramadan sebaik mungkin sehingga tidak hanya mendapatkan  kegembiraan pertama tetapi juga mendapatkan kegembiraan kedua.

Bertindak sebagai Imam Sholat Zuhur Muhammad Thahir, S.HI juga selaku pemberi kultum, sedangkan Muazin Muhammad Arifin Hafid, S.Fil.I., dan bertindak Moderator Asis Difinubun, S.HI. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.