Mewakili Ka.KanKemenag, Kasi Pendis Buka Pondok Ramadan & Wisuda Tahfidz MTs Miftahul Khair Namlea

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Mohammad Ikbal Naya, S.Sos., M.Si membuka kegiatan Pondok Ramadan & Wisuda Tahfidz MTs Miftahul Khair Namlea. Kecamatan Namlea Senin, (01/04/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Mohammad Ikbal Naya, S.Sos., M.Si membuka kegiatan Pondok Ramadan & Wisuda Tahfidz MTs Miftahul Khair Namlea. Kecamatan Namlea Senin, (01/04/2024)

Dalam sambutannya Ikbal Naya menyampaikan, Pondok Ramadan berpedoman pada Dirjen Pendis No 80 tahun 2024 tentang Surat Edaran tentang kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadan.

Dimana selama bulan suci Ramadan Madrasah dapat menyelenggarakan berbagai program yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi beragama atau pun pembinaan dan bimbingan ibadah Ramadan.

"Biasanya dilakukan dengan berbagai nama program yang ada di madrasah baik Pesantren Ramadhan, Pondok Ramadan, Pesantren Kilat atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya." Ujar Ikbal Naya dalam sambutannya

Lanjutnya, semua kegiatan dan program yang dilakukan di madrasah bertujuan untuk meningkatkan pendalaman, keterampilan beribadah,  keimanan, ketakwaan para siswa-siswi madrasah selama bulan suci Ramadan.

Kepala MTs Miftahul Khair Namlea Puspa Latukau, M.Pd menjelaskan dalam sambutannya, Pondok Ramadan & Wisuda Tahfidz MTs Miftahul Khair Namlea mengusung tema "Puasaku Totalitas, Ramadhan Berkualitas, dan Belajar Tuntas."

"Tema ini diangkat untuk memotivasi dan menyemangati para siswa-siswi dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dengan totalitas, berkualitas dan pastinya pembelajarannya tuntas." Kata Latukau

Latukau juga menjelaskan, Pondok Ramadan telah menjadi program wajib di setiap bulan suci Ramadan karena telah masuk dalam Rencana Kerja Rans Madrasah tahun 2024.

"Selain berbagai pembinaan dan materi yang akan diperoleh untuk peningkatan iman dan wawasan keislaman tahun ini juga kami mencanagkan Miftahul Khair (MK) berbagi." Ujar Latukau 

Miftahul Khair (MK) Berbagi adalah program tambahan untuk tahun 2024 dimana akan dilakukan pada hari terakhir kegiatan yaitu pada hari Jumat tanggal 5 April 2024 pekan ini.

"MK berbagi ini nantinya akan mengumpulkan uang dari guru-guru dan siswa-siswi yang nantinya akan dibagikan kepada siswa-siswi yang membutuhkan atau bahasa lainnya dari kita untuk kita." Jelas Latukau

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk menanamkan rasa kepedulian siswa-siswi di madrasah dan sebagai bentuk arahan Menteri Agama tentang Ramadan sejuta cinta dengan saling berbagi antar sesama.

Pondok Ramadan akan berlangsung selama sepekan mulai 1-5 April 2024 yang berlokasi di MTs Miftahul Khair Namlea. Serta akan dilakukan wisuda Tahfidz Qur'an bagi mereka yang belum mengikuti Tahfidz Qur'an pada bulan kemarin. 

"MTs Miftahul Khair Namlea memiliki persyaratan bagi siswa-siswinya yang boleh ikut ANBK harus menuntaskan hafalannya, sehingga mereka yang belum sempat wisuda kemarin harus menyelesaikan hafalannya dengan munaqosah tertutup di pekan ini." Tegas Latukau

Hadir dalam kegiatan Kasubag TU Kemenag Buru, Kasi Pendis, Plt. Kasi PHU, Pengawas Madrasah, Pengawas PAI, Kepala MTS Miftahul Khair Namlea, Penyuluh Agama Islam, Penyuluh Agama Kristen, Staf Pendis, dan Dewan Guru MTs Miftahul Khair Namlea. (Muz Humas Kemenag Buru)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.