Khatib Jumat di Masjid Roudhatul Jannah Namlea, Ka.KanKemenag Buru Ajak Doakan Jemaah Haji Indonesia

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag bertindak sebagai khatib Jumat sekaligus imam sholat Jumat di Masjid Roudhatul Jannah Namlea. Kecamatan Namlea Jumat, (14/06/2024)


Buru, (Inmas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, S.Ag bertindak sebagai khatib Jumat sekaligus imam sholat Jumat di Masjid Roudhatul Jannah Namlea. Kecamatan Namlea Jumat, (14/06/2024)

Dalam khutbahnya, Ka.KanKemenag Buru mengajak jemaah untuk sama-sama mendoakan jemaah haji Indonesia terutama terutama jemaah asal kabupaten Buru yang sedang melaksanakan rangkaian puncak haji di Armuzna.

"Jemaah haji Indonesia sekarang sedang berada pada puncak haji, dengan menjalani rangkaian ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sehingga mari kita doakan agar mereka selalu sehat, diberikan kekuatanz dan dapat menjalankan ibadah haji dengan maksimal terutama jemaah haji kabupaten Buru." Kata Ka.KanKemenag Buru dalam khutbahnya 

Melanjutkan khutbahnya, Ka.KanKemenag Buru mengungkapkan bahwa umat Islam seluruh dunia berkumpul di Arafah atas dasar keterhubungan keimanan dan ketauhidan.

"Pelaksanaan ibadah haji wukuf di Arafah menjadi simbol keterhubungan keimanan karena semua umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul atas dasar keimanan dan ketauhidan." Ucap Gani Wael 

Keterhubungan keimanan dan ketauhidan antar umat Islam menjadi kekuatan besar dalam memakmurkan bumi dengan kekuatan cinta dan kasih sayang.

"Keterhubungan keimanan dan ketauhidan mampu mengumpulkan ragamnya bahasa, suku, budaya, yang menyatu dalam keimanan sehingga menjadi kekuatan yang dapat memakmurkan bumi dengan cinta dan kasih sayang antar sesama." Jelasnya 

Menurutnya, sebagaimana yang disampaikan Rasulullah Saw dalam sebuah hadisnya bahwa perumpamaan umat Islam seperti sebuah tubuh sama halnya dengan persatuan yang digambarkan dalam proses pelaksanaan ibadah haji di Arafah.

"Kamu melihat kaum Mukmin dalam berkasih sayang, mencintai, tenggang rasa, adalah seperti satu tubuh, jika ada bagian tubuh yang sakit maka seluruh tubuh lainnya merasakan panas dan berjaga." Pungkasnya 

Pelaksanaan khutbah Jumat di masjid Roudhatul Jannah Namlea Ka.KanKemenag Buru didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Buru Abdul Hasan Karepesina, S.Ag.

(Muzni)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.